DLH Sampang Lelet Atasi Tumpukan Sampah di Kecamatan Banyuates

Tumpukan sampah menimbulkan bau yang tidak sedap tepatnya di Desa Masaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang (Foto: Alex)

Lpktrankonmasi.com, Sampang - Tumpukan sampah dengan bau yang tidak sedap sangat mengganggu warga Kecamatan Banyuates, tumpukan sampah tersebut sudah hampir dua bulan. Berada di pinggiran jembatan Ciputat tepatnya di Desa Masaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Selasa (08/06/2021)

 

Ditengarai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang lelet dalam mengatasi tumpukan sampah yang berada di Kecamatan Banyuates. Pasalnya hingga saat ini sampah yang menumpuk sudah hampir 2 bulan di Desa Masaran, Kecamatan Banyuates dibiarkan begitu saja.

 

Seperti yang diutarakan oleh H M Maskur, Kepala Desa Masaran saat pertemuan bersama DLH Sampang di Kantor Kecamatan Banyuates," Terkait sampah ini murni kesalahan DLH Kabupaten Sampang. Karena selama ini di Banyuates ini tidak ada Tempat Pembuangan Sampah (TPS), sedangkan yang dijadikan tempat pembuangan sampah itu adalah aset Desa Masaran. Dikarenakan hal ini sangat mencemari lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu warga sekitar.

 

"Maka dari itu kami selaku Pemerintah Desa (Pemdes) Masaran, Kecamatan Banyuates dalam waktu dekat ini akan menutup tempat pembuangan sampah yang ada di Desa kami," Ungkapnya.

 

Sedangkan Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Akhmad Syarifuddin mengakui bahwa pihaknya juga kesulitan, karena anggaran terbatas akibat pandemi COVID-19 untuk membuat TPS di Kecamatan Banyuates. Serta laporan dari bawahan kami, tidak ada masalah sampah khususnya di Kecamatan Banyuates," Kata Syarifuddin.

 

Menurut Syarifuddin pihaknya, sempat kaget bahwa bawahannya yang ada di Kecamatan Banyuates membuang sampah di Desa Masaran, seharusnya itu dibuang langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Kecamatan Ketapang. Jangan tumpuk di Desa Masaran," Ujarnya.

 

Kami akan berusaha demi Kecamatan Banyuates akan menambah armada untuk penanganan sampah di Kecamatan Banyuates. Dan kami akan segera membersihkan tumpukan sampah yang ada di Desa Masaran selanjutnya akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Kecamatan Ketapang," Imbuhnya.

 

Dan dalam waktu dekat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, akan membuat TPS3R ialah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle  (mengurangi – menggunakan – daur ulang) lalu pengelolaan 3R ini akan dikelola Pemerintah Desa (Pemdes) dan juga masyarakat," Pungkasnya. (Alex)


 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion