Timnas Indonesia U16 Raih Piala AFF 2022 Tekuk Vietnam 1 - 0


SLEMAN  LPK TRANKONMASI.COM 
 Timnas U16 berhasil raih Piala AFF setelah menumbangkan Timnas U16 Vietnam dengan skor 1-0. laga yang digelar di Stadion.Maguwoharjo  Sleman jumat, (12/8/2022) Gol semata wayang dicetak melalui kaki kiri M.Kaviatur Riski pada menit ke-45.

Kemenangan skuad Garuda Muda sudah diperkirakan, karena dalam babak penyisihan grup Timnas Vietnam sudah pernah dikalahkan oleh Indonesia dengan skor 2-1 
Meski pada penyisihan grup Timnas Vietnam kalah, dalam partai final ini mereka memainkan tempo tinggi dan cepat sejak peluit babak pertama dibunyikan, acungan jempol di berikan kepada lini belakang Indonesia yang bermain sangat kokoh dan disiplin dalam menghalau serangan lini depan Vietnam di final tersebut.

Meski bermain tegang di awal-awal babak pertama, Timnas Indonesia juga sering memberikan ancaman kepada lini belakang Vietnam lewat build up serangan balik cepat dengan memainkan kedua bek sayapnya untuk naik membantu serangan ataupun melalui proses bola panjang.

Bahkan pada menit 45 melalui proses serangan balik cepat, Rizal yang menerima umpan dari Nabil melalui proses build up mengirim bola kepada Kafiatur yang sudah berada di kotak pinalti lawan, dengan teknik keeping bola kemudian melakukan tendangan plessing kaki kiri yang diarahkan sebelah kanan pojok gawang Vietnam, Gol, 1-0 Untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua Skuad Garuda Muda tetap konsisten melakukan serangan variasi dengan umpan bola pendek maupun umpan panjang namun dapat dipatahkan pemain belakang vietnam yang cukup disiplin dalam mengawal pemain depan timnas U16.
Bahkan Timnas Vietnam yang ketinggalan satu gol mulai meningkatkan tempo permainan dan menjurus ke permainan “kotor”, sedangkan mentalitas para pemain Timnas Indonesia patut diacungi jempol karena tidak mudah terpancing dengan permainan keras dan provokasi para pemain Vietnam.

Meski unggul 1 gol, Skuad asuhan Bima Sakti bermain cukup lugas dan tanpa kenal kompromi untuk lini belakang, bahkan dalam proses serangan balik cepat lini depan Timnas Indonesia juga sering memberikan ancaman untuk menambah defisit gol.
Tempo bahkan sempat memanas sebelum pertandingan selesai, faktor kelelahan dan buntu membuat para pemain Vietnam frustasi karena tidak mampu membongkar barisan belakang timnas Garuda Muda.

Hingga peluit panjang dibunyikan Timnas Garuda Muda menang dengan skor 1-0 dan berhasil menjadi juara piala AFF U-16 untuk kedua kalinya, yang pertama pada tahun 2018 menyingkirkan Thailand lewat babak adu pinalti.

Sedangkan untuk Pemain terbaik  AFF U-16 diberikan kepada el capitano Timnas Indonesia yaitu M. Iqbal yang bermain cukup lugas dan tangguh dari babak penyisihan grup hingga final dan membawa Garuda Muda Juara.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan Coach Bima Sakti berterimakasih kepada para pemain yang telah bekerja keras dan bermain cukup maksimal.

Kemenangan ini sendiri dipersembahkan kepada anaknya yang telah memberi saran untuk mendatangkan Orang Tua dari para pemain Timnas Garuda Muda agar bisa menonton anaknya untuk melihat langsung dari Stadion.


     &Taufiq

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion