Puskesmas Banyuates Sampang, Berikan Imunisasi Campak & Rubella Ke Anak Sekolah

Nakes Puskesmas Banyuates Saat Melaksanakan Imunisasi Campak dan Rubella di Salah Satu Sekolah Dasar. (Foto: Istimewa)


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Banyuates, berikan imunisasi campak atau Measles Rubela (MR) ke anak umur 9 bulan - 15 tahun. Imunisasi campak dan rubela ini, dilaksanakan langsung ke sekolah-sekolah dasar tingkat SD dan SLTP di wilayah kerja Puskesmas Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Senin (31/10/2022)

Pemberian imunisasi campak dan rubella oleh Puskesmas Banyuates untuk anak umur 9 bulan hingga 60 bulan, sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2022.

"Kami sejak Agustus 2022 sudah melaksanakan pemberian imunisasi campak dan rubella kepada anak umur 9 bulan hingga 60 bulan. Dengan nama kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)," Kata Agus Aminullah selaku Koordinator Imunisasi. 

Agus Aminullah mewakili dr Endang Murdaningrum Kepala Puskesmas Banyuates menyampaikan, tujuan pemberian imunisasi campak dan rubella kepada anak SD dan SMP adalah untuk memperpanjang antibodi atau kekebalan terhadap penyakit campak.

"Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Sampang. Dengan meningkatnya kasus penyakit campak, maka kegiatan imunisasi ini adalah pemberian vaksin sebagai perlindungan kepada anak-anak usia SD hingga SMP. Pemberian imunisasi campak dan rubela ini, merupakan booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, saat anak usia sekolah kekebalan sudah mulai menurun," ujar Agus kepada media ini.

Menurut Agus, penyakit itu tidak hanya dapat dialami mereka ketika masih bayi tapi juga bisa terjadi saat mereka di usia sekolah. Untuk anak yang sedang dalam kondisi kurang sehat tidak dilakukan pemberian vaksin oleh petugas Puskesmas Banyuates," ungkapnya. 

Dia juga menambahkan, Puskesmas Banyuates rutin di setiap tahunnya bekerja-sama dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Banyuates melaksanakan Imunisasi Campak pada anak," imbuhnya.

Terakhir ia menegaskan, semoga dengan terus dilaksanakannya kegiatan-kegiatan kesehatan dengan sasaran anak sekolah, salah satunya seperti pemberian imunisasi campak dan rubela. Puskesmas Banyuates semoga terus berkontribusi menciptakan generasi Indonesia yang sehat dan unggul," tukasnya. (Ries)



Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion