Yukk!! Mari Berwirausaha dengan Bahan baku yang mudah di dapatkan, cukup dengan Modal Tekad dan Sungguh-Sungguh

 Foto. Jayfa Kering tempe Homemade. www.lpktrankonmasi.com

Lpktrankonmasi.com - (Senin 24/10/22)  Di era modern saat ini mencoba berwirausaha sangatlah penting, disisi lain untuk mendorong pembudidayaan masyarakat, dan juga sangat menjanjikan untuk kemajuan ekonomi.

Salah satu peluang wirausaha yang kali ini akan saya ulas adalah bagaimana cara mengolah biji kacang kedelai tradisional yang di fermentasi, dan diolah menjadi 'Tempe'. 

Selain sering di jadikan bahan makanan pokok yang mudah di dapatkan, dan juga dapat diolah dengan berbagai olahan. Bahan baku tempe sendiri juga kaya akan manfaat dan protein nabati yang sangat baik di konsumsi bagi kesehatan tubuh, beragam kandungan dan manfaat dari olahan tempe antara lain adalah :

1. Membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak

2. Menurunkan resiko Osteoporosis

3. Mencegah Anemia

4. Menangkal reaksi radikal bebas (penuaan dini)

5. Membantu menurunkan berat badan

 Apabila anda ingin mencoba memulai berbisnis dengan menjalankan bahan baku dari tempe ini, maka salah satu pilihannya adalah mengolah biji kedelai tempe tersebut dengan olahan tempe kering, di karenakan menu tersebut  yang kerap di sajikan, baik di warung makan, ataupun di restoran pada umumnya.

Menu makanan berupa kering tempe ini juga sangat di gemari di kalangan masyarakat, baik hanya sekedar di konsumsi untuk camilan maupun lauk makan, dengan rasanya yang unik dan khas asin dan manis, pengolahnnya pun diproses dengan menggorengnya secara kering, sehingga menghasilkan irisan tempe yang tipis, gurih, dan sangat renyah.

Tempe kering ini juga biasanya di sajikan bersama dengan nasi kuning, nasi tumpeng, dan aneka jenis makanan lain.

Cara mengolah kering tempe ini juga tidaklah sulit, di karenakan bahan-bahan yang di butuhkan bisa sangat mudah di dapatkan di pasaran, selain itu juga harga bahan pokok pembuatan kering tempe juga sangat terjangkau, sehingga jika ingin mencoba menekuni usaha pengolahan kering tempe ini bisa dibilang mudah, karena tidak membutuhkan begitu banyak modal, namun juga peluang menjalankan bisnis kering tempe ini begitu menguntungkan apabila menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Tujuan pemasaran usaha pengolahan kering tempe ini juga sangat mudah, bisa dijalankan secara virtual maupun tidak, salah satunya dengan membuka warung makan atau restoran dengan menawarkan sajian kering tempe tersebut, namun jika dengan cara virtual bisa dengan mengakses beberapa sosial media, dengan mengunggah sebuah iklan atau template menarik tentang kering tempe tersebut.

Tidak kalah penting juga dalam rangkaian membuka dan mengelola usaha kering tempe ini melalui riset, dimulai dari mencari supplier bahan baku yang bagus tentunya dengan kualitas terjamin.

Untuk memabangun lebih ramai lagi lokasi berbisnis kering tempe ini sangat di rekomendasikan untuk memilih tempat yang strategis, seperti temapat-tempat yang ramai di kunjungi orang ,bisa di tempat wisata, sekolah, maupun kampus, dan pinggir jalan tentunya yang di sediakan tempat untuk berjualan.

Beberapa peralatan yang sangat mendukung pengolahan bisnis kering tempe yang sangat dibutuhkan antara lain adalah alat makan, kompor dan gas, meja dan kursi, serta beberapa alat penunjang lainnya (sesuai kebutuhan masing-masing).

Untuk permulaan bisnis kering tempe melalui iklan di sosial media, cukup dengan menawarkan 3 varian rasa dahulu, yang banyak diminati para konsumen dan juga dari kemasan kecil dengan harga yang sangat terjangkau, 3 varian rasa tadi bisa di coba dari rasa pedas manis, manis (tanpa cabai), extra pedas, dan juga dengan sedikit tambahan teri (ikan asin). Untuk rentang harga awal juga sangat mempengaruhi kesan dari konsumen seiring berjalannya bisnis kering tempe ini kedepannya. dimulai dari harga Rp 12000 hingga Rp 16000 untuk kemasan 150gr tergantung tambahan teri atau tidaknya.

Demikian sedikit ulasan dari saya mengenai wirausaha pengelolaan kering tempe diatas, Semoga dengan sedikit ulasan dan informasi dari saya ini dapat memberikan manfaat dan juga membantu para calon pengusaha baru dalam menjalankan bisnis yang tepat untuk di tekuni. Semogaa Sukses!!



 Penulis : Zk TR
 Editor   : Hda TR 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion