Sambut HPN 2023 LSP Pers Indonesia Perwakilan Jateng Bakal Gelar SKW Tahap II

 


SEMARANG TRANKONMASI.COM -

Sambut Hari Pers Nasional 2023, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia Perwakilan Jawa Tengah bakal gelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) tahap ke 2 yang dijadwalkan 11 Februari 2023 yang berlangsung di Grand Saraswati Hotel, Jalan Singosari Raya 81 A Semarang.


Pelaksanaan SKW bakal diikuti 15 calon peserta dengan skema 9 Wartawan Muda Reporter,1 Wartawan Muda Kameramen, 1 Wartawan Madya serta 4 Wartawan Utama. 


LSP Pers Indonesia Perwakilan Jateng yang juga sebagai Ketua SPRI jateng, Sriyanto Ahmad,S.Pd.MH (Med) menuturkan dengan  pelaksanaan SKW tahap II yang di selenggarakan oleh LSP Pers Indonesia Perwakilan Jawa Tengah ini diharapkan dapat meningkatkan KSA wartawan yaitu  Knowlidge atau pengetahuan, Skill (Ketrampilannya) dan Attitude atau sikap dan dedikasi wartawan," ucapnya.


Yang paling pokok  kalau sudah  dinyatakan, " Wartawan  Kompeten, " Harus bisa melakukan  jejaring dan lobi untuk  peningkatan   komunikasi   dan diplomasi  publik," ujarnya.


Selain itu lanjut Sriyanto wartawan harus bisa menghasilkan karya jurnalistik sesuai  kaedah tulisan jurnalistik dan  kode etik jurnalistik yang berimbang, independen untuk kepentingan publik.


Sementara itu Sekretaris SPRI Jateng, Muhammad Taufiq, A.Md, S.Pd, saat diwawancarai trankonmasi.com di Hotel Grand Saraswati Semarang, Rabu (8/2/2023) mengatakan pelaksanaan SKW yang di selenggarakan LSP Pers Indonesia perwakilan Jawa Tengah ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya sukses menggelar SKW pertama di Hotel Kusma Bandungan awal oktober 2022 lalu," ucapnya. 


Uji kompetensi melalui SKW ini sertifikatnya berloggo garuda yang berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diakui negara. Jadi para calon peserta tetap semangat nantinya saat mengikuti uji kompetensi,"


"Dengan dilaksanakannya SKW diharapkan temen temen wartawan yang mengikutinya dapat menyandang wartawan kompeten, sehingga lebih meningkat dalam.menyajikan prooduk jurnalistiknya saat menjalankan tugas si berbagai kegiatan," ujarnya.


Setidaknya saat liputan dikantor kedinasan maupun di lembaga pemerintahan lebih percaya diri dan dapat menunjukkan jatidirinya kalau mereka sudah kompetensi.


Taufiq menambahkan bahwa pada bulan maret 2023 perkiraan tanggal 5 - 6 maret alternatif lain 12 - 13 maret 2023 pihak kami kembali menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) tahap ke III dengan skema sama yaitu Wartawan Muda Reporter, Wartawan Muda Kameramen, Wartawan Madya serta Wartawan Utama.


"Tempat pelaksanaan tetap di Semarang karena pertimbangannya calon peserta banyak yang dari Semarang," ujarnya.

Bagi yang mau mengikuti SKW di waktu berikutnya dapat menghubungi Kami di nomor 081225088855.


       Iqbal

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion