Yayasan Mentari Sehat Indonesia, Upayakan Percepatan Eliminasi TBC Tahun 2028

 


TEMANGGUNG, - Trankonmasi.com

Sebagai bentuk pemantauan, evaluasi, koordinasi,Yayasan Mentari Sehat (MSI) Kabupaten Temanggung mengadakan rapat koordinasi kabupaten dan validasi data koordinator kader komunitas, di Restoran Kampoeng Sawah, Jl Gatot Subroto, Manding, Temanggung selama dua hari, kamis dan jumat (16-17/2/2023 ).


Acara tersebut merupakan salah satu bentuk progam kerja tindak lanjut dari MSI Temanggung dalam upaya untuk meningkatkan penjaringan terduga TBC di Wilayah Temanggung. 


Selain diikuti oleh seluruh kader MSI, juga menghadirkan programer puskesmas sewilayah Kabupaten Temanggung dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.


Ajeng Trisna Ratih selaku kepala penanggung jawab Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular ( P2PM ) untuk materi analisa situasi TBC di kota tersebut lebih banyak mengulas tentang penemuan kasus Tbc untuk tahun 2022 lalu sejumlah 690 kasus dari target 1571.


"Narasumber menyampaikan tentang penemuan kasus TBC dan menghimbau kepada kader untuk giat melakukan penjaringan suspek di lapangan agar penemuan kasus baru lebih meningkat." Jelas Siska, staf program SSR MSI.


Siska juga menambahkan bahwa selain itu dari staf program  menyampaikan untuk capaian kader selama semester 2022 yang melihat progress pencapaian dari tahun ke tahun meningkat, dari semester satu sejumlah 35%, semester dua 54%, semester tiga 73 %, dan pada semester empat sejumlah 101%. Staff program memberikan motivasi kepada kader agar tambah semangat.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan komunikasi kader dan progremer TB puskesmas untuk sharing kendala di lapangan dan mencari solusi bersama dalam mempercepat eliminasi TBC tahun 2028.


Isti Rochayati (43) salah satu kader aktif dari Kecamatan Kranggan menyampaikan  "Acara seperti ini sangat positif karena bisa menambah wawasan semua peserta, bagaimanapun kita juga perlu mengetahui lebih jauh tentang masalah kasus TBC supaya kita bisa menerapkan ketika kita di lapangan menghadapi pasien."


"Harapannya supaya selalu ada sinergi antara kami dengan Dinas Kesehatan sehingga kasus TBC dapat di tekan terutama di Temanggung." pungkasnya.(Yusup)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion