Pantai Lon Malang Jadi Wisata Andalan Kabupaten Sampang Madura

Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Wisata Pantai Lon Malang adalah pantai yang sangat indah dan menjadi wisata andalan Kabupaten Sampang. Pantai Lon Malang berada di wilayah Utara Kabupaten Sampang tepatnya di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kamis (04/05/2023)

Dengan panorama sunsetnya (matahari tenggelam) pada sore hari, pantai Lon Malang kini diburu oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tidak hanya sunset dan juga sunrise, tapi pasir putih yang sangat menggoda di Pantai Lon Malang. Sehingga disukai oleh banyak wisatawan yang membawa anak-anaknya berwisata.

Selain keindahan Pantai, di Lon Malang juga menyediakan aneka kuliner khas Madura. Seperti, rujak, soto, dan juga sate. Dan berbagai produk-produk asli buatan BumDes Bira Tengah, Sokobanah, Sampang.


Awal Muasal Pantai Lon Malang 

Pantai Lon Malang dibangun pada tahun 2017 sejak Kepala Desa Martuli menjabat pada tahun 2016. Sebelumnya pantai ini hanyalah pantai biasa yang tidak ada kegiatan didalamnya. Berkat ide cemerlang dari Mastuki (adik dari kepala desa) yang sekarang menjadi ownernya, pantai yang awalnya hanya biasa disulap menjadi tempat wisata yang keren dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kepada media ini Mastuki menceritkan hambatan untuk membangun desanya dari sektor wisata tersebut. Mulai dari penolakan hingga intimidasi. 

"Awalnya banyak yang nolak untuk dijadikan tempat wisata, iya kami tidak tau alasan pastinya tapi berkat komunikasi yang baik terhadap semua tokoh masyarakat, ulama dan forkopimcam akhirnya banyak yang setuju," kata Mastuki kepada media ini, Selasa (02/05/2023). 

Menurutnya apa yang pihaknya lakukan untuk membangun wisata Pantai Lon Malang tersebut semata hanya ingin mengabdikan dirinya untuk tanah kelahirannya. Bahkan dia menegaskan tidak mempunya kepentingan apapun dalam mengelola pantai Lon Malang. 

"Kami hanya ingin membangun desa, dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," tambahnya. 

Bak gayung bersambut, kini wisata Pantai Lon Malang sudah terkenal diman-mana. Berkat kegigihan Mastuki, Pantai Lon Malang sering mengikuti event besar nasional. Tak hanya itu, berkat adanya Pantai Lon Malang bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar. 

"Alhamdulillah sekarang disini (Lon Malang) bisa membuka lowongan kerja baru dan warga sekitar yang jualan banyak yang beli. Mulai sari warung makan atau warung kelontong," tambahnya. 

Tuki sapaan akrab owner Lon Malang juga mengatakan, sebagai pengelola wisata banyak pro kontra yang diterima. 

"Banyak yang tidak suka bagi kami tidak masalah, yang penting kami bekerja dan melayani pengunjung dengan baik. Karena prinsipnya kenyamanan pengunjung adalah prioritas kami," tukasnya. 

Bagaimana pendapat masyarakat Sampang tentang wisata pantai Lon Malang. 

Mega Nurisa Fitri Warga Banyuates Kabupaten Sampang mengapresiasi gagasan yang dilakukan oleh pengelola wisata Lon Malang. Menurut Mega, butuh ide gagasan yang cemerlang untuk membangun dan mengelola wisata. 

"Saya secara pribadi sangat bangga terhadap Lon Malang. Saya rasa ownernya memiliki kualitas tata kelola yang baik dalam mengelola wisata," kata Mega.

Mega juga merasa bangga atas adanya wisata Lon Malang meski tidak berada di daerahnya (Banyuates). Menurutnya dengan beberapa spot wahana yang berada di Lon Malang, masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari tempat wisata bareng keluarga. 

"Disini (Lon Malang) spotnya ada banana boot, ada kuda dan semacamnya. Jadi tidak perlu jauh-jauh kalau hanya ingin berlibur. Spot foto bagi kaula muda juga banyak di Lon Malang," pungkasnya. (Ries)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion