Pantai Lon Malang Sampang Tumbuhkan Perekonomian Rakyat Madura

Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Pantai Lon Malang adalah salah satu wisata andalan di Kabupaten Sampang. Wisata Lon Malang terletak di ujung utara Sampang, ialah di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jum at (05/05/2023)

Pantai Lon Malang memang sangat menawan, tak ayal jika dikunjungi banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga menumbuhkan perekonomian rakyat Madura wilayah Pantai Utara.

"Memang dengan adanya Pantai Lon Malang. Sangat membantu perekonomian rakyat Madura wilayah utara," kata salah satu pedagang toko klontong di Banyuates Sampang.

Ia menjelaskan, pada siang hari sekira jam 13.00, dua hari menjelang lebaran ketupat. Tiba-tiba ada Bus Mini berhenti di depan toko mas dan hampir semua penumpangnya berbelanja di toko klontongku.

"Saya iseng mencoba bertanya pada salah satu penumpang, tujuannya kemana kok rombongan? Mereka menjawab, bahwa mau ke Pantai Lon Malang. Rombongan tersebut dari Kabupaten Sidoarjo, nah dari situ saya menilai bahwa Pantai Lon Malang menumbuhkan perekonomian rakyat Madura wilayah utara," kata Denmas.

Hal senada juga diungkapkan oleh penjual pentol keliling yang mangkal di area parkir Pantai Lon Malang. Dengan polosnya Kakang pentol mengungkapkan bahwa omset kotornya setiap hari 700 ribu hingga 1 juta rupiah.

"Saya mangkal di sini mas sudah lama, kalau hari-hari biasa penghasilan saya 700ribu. Kalau pas hari libur bisa tembus 1 juta rupiah bahkan lebih mas. Memang dengan adanya Pantai Lon Malang, sangat membantu perekonomian rakyat," ungkapnya dengan serius.

Sementara itu Mastuki, Owner Pantai Lon Malang saat diwawancarai oleh awak media. Ia mengungkapkan resep sukses Pantai Lon Malang menjadi wisata andalan Kabupaten Sampang. 

Penampakan Pantai Lon Malang Dari Atas Cafe Bambu (Foto: Reza Malik)

"Suksesnya Pantai Lon Malang hingga dikenal banyak wisatawan tidak luput dari peran jurnalis dan tim promotor di media sosial. Karena, di zaman digitalisasi kita harus pintar membranding serta mempromosikan lewat media sosial. Dan harus menggandeng jurnalis, karena tanpa mereka kami tidak bisa apa-apa," kata Mastuki.

Menurut Mastuki, selain menggandeng jurnalis. Kami juga menggandeng semua lini, seperti Perguruan Tinggi, Ormas, Tokoh Masyarakat, dan juga lapisan pemuda termasuk Mahasiswa yang ada di Pulau Madura," tutur Mastuki dengan nada lemah lembut.

Saat disinggung terkait pedagang-pedagang yang mengadu nasib berjualan di Pantai Lon Malang. Mastuki menjelaskan, kalau pedagang yang ada di dalam lokasi Pantai Lon Malang itu mas, setiap bulan membayar retbusi sebesar 25 ribu rupiah. 

"Jadi rakyat itu senang karena sangat membantu perekonomian masyarakat. Dan saya rasa uang 25 ribu itu wajar dan sangat terjangkau," ungkap Mastuki.

Terakhir Mastuki menegaskan, untuk harga tiket masuk sebesar 8 ribu rupiah. Dan untuk orang tua yang membawa anaknya berwisata tidak perlu khawatir, karena setiap gerak-gerik anak-anak kalian jika bermain di Pantai akan selalu diawasi oleh penjaga pantai. Karena, takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tukasnya. (Ries)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion