Pangkalan SDN Ajibarang Wetan Gelar Musyawarah Gugus Depan

Pangkalan SDN Ajibarang Wetan Gelar Musyawarah Gugus Depan - www.lpktrankonmasi.id

lpktrankonmasi.id, Banyumas - Sabtu (1/6/2024) Pangkalan SDN Ajibarang Wetan Gelar Musyawarah Gugusdepan (Mugus) Rabu 29 Mei 2024 di aula sekolah setempat. Acara dibuka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Kusnaeni, S.Pd dan dihadiri oleh 20 pembina SDN Ajibarang Wetan dan perwakilan anggota pramuka dari berbagai tingkatan.

Dalam sambutannya, Mabigus Kusnaeni menyampaikan bahwa tujuan strategis dalam Musyawarah Gugusdepan umumnya terdiri dari tiga hal utama yaitu pengejawantahan tertib organisasi dalam Gerakan Pramuka, media konsolidasi dan koordinasi internal selaras dengan peraturan-peraturan yang ada, serta langkah awal menuju tata kelola gugus depan yang lebih baik. Ia menegaskan pentingnya musyawarah ini sebagai sarana untuk memperkuat organisasi dan menyusun rencana kerja yang lebih efektif untuk masa mendatang.

"Gugusdepan merupakan kesatuan organik terdepan dalam gerakan pramuka dengan bersendikan sistim among, dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan untuk mencapai tujuan gerakan pramuka. Maka Musyawaran Gugusdepan menjadi kegiatan pokok yang seharusnya dilalukukan," katanya.

Serangkaian acara pokok yang berlangsung meliputi laporan pertanggungjawaban Ketua Gugus Depan selama masa bakti 2022-2024, termasuk laporan keuangan. Dalam sesi ini, Ketua Gudep Prihatin memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dan penggunaan dana selama periode kepemimpinanya. Setelah itu, musyawarah menetapkan rencana kerja Gudep, termasuk visi dan misi untuk masa bakti berikutnya. Salah satu agenda penting dalam Mugus ini adalah pemilihan Ketua Gugus Depan untuk masa bakti 2024/2026. 

Karena dinilai berhasil dalam kepemimpinan sebelumya Prihatin terpilih kembali sebagai Ketua Gugus Depan SDN Ajibarang Wetan untuk periode 2024-2026. Pelantikan Ketua Gudep terpilih dilakukan oleh Ketua Presidium Mugus, menandai komitmen untuk melanjutkan tata kelola yang baik dan pengembangan pramuka di pangkalan ini.

Acara Mugus diakhiri dengan pembahasan program kegiatan yang akan datang. Para peserta aktif berdiskusi dan memberikan masukan untuk memastikan bahwa kegiatan pramuka di SDN Ajibarang Wetan semakin berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi para anggotanya.

"Dengan terlaksananya Mugus ini, diharapkan Gugus Depan SDN Ajibarang Wetan dapat terus memperkuat eksistensinya dalam Gerakan Pramuka dan menjadi contoh bagi gugus depan lainnya di wilayah Ajibarang," pungkas Kusnaeni

Penulis - TR Yayuk

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion