ASAL USUL BHUTO GENDHENG KESENIAN TARI DARI MAGELANG

KESENIAN TARI BUTHO GENDHENG MAGELANG, JAWA TENGAH - www.lpktrankonmasi.com

Lpktrankonmasi.com, MAGELANG - (2022/07/22) Pada awalnya nama grup topeng buto ini bukan Bhuto Gendheng, melainkan Buris Rowo, kemudian diubah lagi menjadi SGKM (Seniman Grasak Kali Mbelan), setelah itu barulah diganti dengan sebutan Bhuto Gendheng sampai saat ini. 

Kenapa namanya diubah-ubah? Mungkin menurut saya supaya sebutan untuk grup ini menjadi singkat dan mudah diingat oleh kalangan masyarakat.

Tetapi sebenarnya tentu ada sejarahnya untuk pemberian nama grup ini yang tidak semua orang tau atau memang tidak di publikasikan oleh pihak yang terkait. Mungkin kita harus menanyakan langsung kepada narasumber (pendirinya) apakah boleh dipublikasikan atau tidak. 

Jika dilihat dari gambar diatas dapat diartikan bahwa terbentuknya grup topeng bhuto tersebut dibuat pada tahun 2017. Entah itu awal munculnya nama Bhuto Gendheng atau pada tahun itu masih bernama Buris Rowo. 

Saya belum bisa memastikan karena saya hanya sebagai anggota menggantikan posisi kakak saya yang  dulu sempat bergabung dengan grup Bhuto Ghendheng (saat itu masih bernama Buris Rowo kemudian menjadi SGKM). Tidak berselang lama kemudian berganti nama menjadi Bhuto Gendheng.

Itu saja mungkin yang dapat saya bagikan mengenai asal-usul nama Butho Gendheng kepada para pembaca. 

Dikarenakan saya belum sempat menemui sang narasumber, jadi informasi yang saya dapatkan belum detail. Informasi ini merupakan hasil dari pengalaman saya selama saya ikut/telibat dalam grup Bhuto Gendheng.

BAbY_U.S/TR

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion