KESENIAN TRADISIONAL TOPENG BUTO GENDHENG JENIS TARI DARI JAWA TENGAH

BUTO GENDHENG TARI TRADISIONAL - www.lpktrankonmasi.com


Lpktrankonmasi.com, MAGELANG - (2022/07/22) Kesenian tradisional topeng buto yang berasal dari dusun Tangkilan, Pabelan Kec. Mungkid ini dikenal dengan sebutan "Butho Gendheng" , yang juga dapat disimpulkan sebagai nama panggung untuk pertunjukan kesenian jathilan di daerah jawa khususnya Jawa Tengah.

Butho Gendheng merupakan salah satu jenis seni tari yang ada di jawa tengah. Sebenarnya ada bermacam-macam jenis dalam suatu pertunjukan seni tari topeng buto , yaitu tari gedruk , tari khosek dll. Tetapi kebanyakan yang orang tahu hanya gedruk dan khosek. Namun buto gendheng ini termasuk di dalam jenis seni tari topeng buto khosek. 

Mungkin banyak yang belum mengetahui kenapa harus dibeda-bedakan , padahal jika dilhat sepintas gedruk dan khosek memang sama. Sama-sama menggunakan topeng butho, tetapi sebenarnya dari segi gerakan dan alunan musiknya pun sudah berbeda. Memang agak sulit membedakannya terutama bagi orang yang baru mengetahui apa itu seni tari/jathilan. 

Karena dua jenis seni tari ini sering sekali melakukan pertunjukan di dalam satu acara. Jika alunan musik yang digunakan dari buto gedruk otomatis yang dari buto khosek harus bisa menyesuaikan gerakan dengan alunan musik yang ada, begitupun sebaliknya. Jika yang digunakan alunan musik dari buto khosek , yang dari buto gedruk juga harus bisa menyesuaikan. Dapat disimpulkan kedua belah pihak harus saling toleransi demi menghargai sang tuan rumah entah itu gedruk maupun khosek.

Jadi walaupun berbeda-beda jenis seni tari, kita semua tetap saling menghargai. Jangan sampai terpecah belah hanya karena berbeda jenis tarian. Oleh sebab itu kita harus saling menjaga tali persaudaraan kita sebagai warga negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam seni dan budaya. Kita tidak bisa menghilangkan budaya begitu saja yang merupakan warisan dari nenek moyang kita masing-masing. 

Justru sebaliknya, kita mestinya bangga memiliki kebudayaan sendiri-sendiri yang harusnya dapat ditonjolkan, ditampilkan, dan di lestarikan. Kita semua berlomba-lomba untuk menjunjung tinggi kesenian kebudayaan di daerahnya sendiri supaya tidak hanya kita saja yang tahu.

https://youtube.com/channel/UCpq-DUPBXl9BYZ6NVqQx_Xg

Sekian penjelasannya mengenai seni tari topeng butho, khususnya Buto Gendheng. Jika anda tertarik silahkan tonton di channel YouTube dengan mengklik link yang tersedia. 

BAbY_U.S/TR



Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion