Pulau jawa yang kental akan adat dan kebudayaan yang sangat beragam

Peta Pulau Jawa foto by google - www.lpktrankonmasi.com

Lpktrankonmasi.com -Di pulau jawa ini khususnya di kota/kab Magelang provinsi Jawa tengah terdapat banyak sekali adat dan budaya yang berbeda-beda. Di setiap daerah pasti ada adat yang masih dilakukan oleh masyarakat sekitar karena itu merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus di lestarikan. Walaupun ada juga yang tidak bisa menerima atau tidak percaya akan hal-hal mistis, tetapi sebagai manusia harusnya kita tetap melanjutkan apa yang telah nenek moyang kita tinggalkan. Jangan sampai adat dan budaya kita hilang begitu saja.

Menurut sejarah konon pulau jawa ini dulunya adalah sebuah hutan belantara yang sebagian besar penghuninya adalah makhluk halus. Jadi kita sebagai manusia harus menghargai dan mempercayai akan adanya hal tersebut. Secara garis besar kitalah yang menumpang hidup disini , setidaknya kita manusia harus meminta izin kepada sang tuan rumah bila kita tidak ingin terjadi sesuatu terhadap keluarga dan keturunan kita nanti.

Jika permasalahannya percaya atau tidak itu hak dari diri kita masing-masing. Mau percaya tetapi memang tidak banyak orang yang bisa melihat makhluk halus itu, dan jika tidak percaya lihat saja sudah banyak sekali contoh-contoh kasus di pulau jawa ini yang berhubungan dengan hal-hal mistis. Jadi kesimpulannya walaupun tidak bisa menerima/tidak mempercayai paling tidak kita tetap ikut melakukan adat dan budaya yang ada di daerah kita masing-masing. Seperti kata pepatah "Lebih baik memcegah daripada mengobati".

Sebagai gambaran umumnya saja pada zaman dahulu para Wali saja masih kewalahan demi membersihkan daerah-daerah di pulau jawa ini. Apalagi kita hanya manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan seperti para waliyullah. 

Kita hanya bisa mempercayai, menjaga, dan melestarikannya. Jangan membandingkan zaman dulu dan sekarang yang sudah modern, justru di zaman modern ini lebih berbahaya karena jangkauannya sekarang lebih jauh dan lebih mudah. Hanya dengan menggunakan foto saja kita bisa di lukai secara ghaib. Jadi jangan salah, jika di zaman modern ini hal-hal mistis masih sangat dipercaya bahkan penyebarannya pun sekarang sangat cepat.


Sekarang yang perlu kita lakukan adalah memperkuat diri kita sendiri, sebagai tameng saja dan jangan sampai kita salahgunakan bila kita sudah memiliki kekuatan apa pun itu. Tetap ingat terhadap Tuhan kita masing-masing, karena hal-hal mistis itu tidak akan pernah menang jika yang dihadapi adalah Tuhan kita. Tetap berpegang teguh dengan keyakinan dan pertolongan Tuhan. 

Dengan begitu kita akan merasa aman, sekuat apapun manusia yang memiliki kemampuan spiritual akan kalah jika tameng kita adalah Tuhan kita sendiri. Sesungguhnya Tuhan lah maha segalanya tidak akan pernah tergantikan.

Adat dan Budaya umumnya hanyalah sebuah acara do'a bersama yang memang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tetapi diatas itu tetap hanya ada satu yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Hanya saja jangan sampai kita menyepelekan adat dan budaya yang ada, kita harus menjaga/melestarikan agar terwujudnya kedamaian di dalam kehidupan. 

Entah itu kehidupan di keluarga , masyarakat, maupun bangsa dan negara kita. Sebagai sesama manusia marilah saling mengingatkan untuk tidak merusak atau bahkan menghilangkan suatu adat dan budaya. Ingat..!! Tuhan menciptakan makhluk di muka bumi ini tidak hanya manusia saja tetapi terdapat makhluk-makhluk lain yang hidup berdampingan dengan kita.


Kontributor BAbY_U.S /TR

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion