Santri Milenial Kini Menjadi Fungsionaris Partai Demokrat Sampang


Noval Santri Milenial, Wakil Sekretaris Partai Demokrat Sampang


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Peringatan Hari Santri Nasional memiliki arti tersendiri bagi kalangan pesantren, khususnya di Jawa Timur. Lebih dari sekedar peringatan seremonial, hari santri memiliki makna yang sangat mendalam.

Tidak lepas dari kiprah dan peran kalangan pesantren, baik mulai dari sebelum kemerdekaan, hingga saat ini. Santri banyak berkiprah dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya dalam hal yang sifatnya keagamaan saja. Tapi, mulai dari sosial, ekonomi, pendidikan bahkan juga dunia politik sudah banyak dari kalangan santri, Sabtu (22/10/2022) 

Di dunia politik, kiprah santri saat ini sudah bukan hal yang baru. Banyak alumni pesantren yang menduduki jabatan politik yang sangat strategis baik di Partai Politik, atau jabatan politik di DPRD bahkan juga Bupati. 

Di DPC Partai Demokrat Sampang, ada sosok politisi muda dari kalangan santri , bahkan banyak bukan hanya satu orang. Salah satunya, Noval Abdi atau yang akrab disapa Noval Ad. 

Pria kelahiran Sampang, 21 September 1998 sejak kecil belajar di Salah satu ponpes di kecamatan ketapang, Sampang, Jawa Timur. Kemudian, usia belajar di Pesantren, Udin melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Islam negeri Surabaya(UINSA). 

Saat menempuh pendidikan, Noval terkenal aktivis organisasi. Mulai saat  kuliah, Noval aktif di organisasi intra kampus yaitu Senat Mahasiswa Menduduki sebagai Sekretaris dan ekstra kampus salah satunya yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Syariah dan Hukum.

Proses dari pondok pesantren hingga menjadi aktivis mampu membentuk karakter  kepemimpinan yang kuat dalam diri Noval. Itu terlihat dari kiprahnya usai tamat dari bangku kuliah. 

Noval Menentukan pilihan nyamenjadi politisi, dan ia memutuskan untuk menjadi kader Partai Demokrat. Di Partai Politik memulai karirnya dari bawah, mulai dari Pengurus Ranting, Pengurus Anak Cabang dan hingga menjadi Wakil Sekretaris DPC Demokrat Sampang. 

Di Demokrat, karir Noval Ad bisa dikatakan semakin moncer. Saat ini, di kepemimpinan H. Abdussalam sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Sampang, Noval menjadi salah satu pengurus yaitu sebagai Wakil Sekretaris.

"Hal ini saya peroleh erat kaitannya dengan proses saya semasa di pondok pesantren, Pesantren mengajarkan banyak hal tentang kehidupan dan juga soal kepemimpinan,"  tukas Noval Ad saat dikonfirmasi media. Sabtu, 22/10/2022).

Di Pesantren, kata Noval, dirinya tidak hanya diajarkan tentang theology islam lebih dari itu pesantren mengajarkan soal tawadduk dan beakhlak mulia, kesempurnaan santri bukan terletak pada kecerdasan intlektual tapi lebih dari pada itu adalah Akhlakul Karimah. " Dan itulah yang menjadi bekal yang sangat luar biasa dalam berkiprah di masyarakat," paparnya. (Asur/Ros)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion