Borobudur Marathon 2022 Mengusung Semangat dan kebersamaan Demi Membangun Indonesia yang Kuat dan Sehat

Foto Garis Start Finish Di Acara Borobudur Marathon 2022 www.lpktrankonmasi.com


Lpktrankonmasi.com - Rabu (16/11/22)  Borobudur Marathon 2022  sukses digelar secara lancar dan meriah, tidak hanya mengejar sebuah prestasi, ajang olahraga lomba lari ini juga menjadi sebuah momentum untuk menyebarkan semangat bagi warga sekitar, dan juga seluruh bagian rakyat Indonesia untuk bertumbuh lebih sehat dan kuat.

Rangkaian acara puncak Borobudur Marathon 2022 diakhiri dengan tilik candi yang di selenggarakan pada Minggu (13/11/22) di taman lumbini, candi borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dimulai dari Borobudur Marathon Elite Race pada sabtu (12/11/22), kemudian dilanjutkan Bank Jateng Youth Talent di hari yang sama, tak hanya menjadi wadah bertemunya para pelari dari seluruh indonesia, borobudur marathon juga berpartisipasi dalam pengembangan atlet lari muda berbakat pada rentang usia 17-20 tahun, mereka nantinya akan dibina untuk mengambil bagian dalam acara borobudur marathon, dan kompetisi nasional lainnya kedepannya.

Adapun bagian tilik candi borobudur marathon 2022 merupakan lomba lari half marathon yang diikuti oleh 4.552 pelari umum.

Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo juga turut meramaikan acara Borobudur Marathon 2022, setelah melakukan pengibaran bendera start, Ganjar Pranowo lantas bergabung dengan para peserta untuk mengikuti lomba tilik candi pada rangkaian acara Borobudur Marathon 2022, beliau melepas para peserta lari marathon pada pukul 05:00 WIB 

Lomba kategori tilik candi sendiri menghasilkan pemenang Khairullah sebagai pelari kategori putra, dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 2 detik.

Sementara itu untuk podium teratas putri di pegang oleh Ai Kusniati yang menuntaskan lomba dalam waktu 1 jam 30 menit 5 detik.

Ai yang menjadi juara women's tilik candi Borobudur Marathon 2022, menuturkan ia sangat menikmati lomba kali ini.

"Saya menikmati berlari di Borobudur marathon, rutenya menyenangkan dan steril dari kendaraan, soal tanajakan atau turunan saya sudah biasa, karena saya berasal dari pengalengan, daerah pegunungan, jadi tahu cara menyikapinya". Kata Ai

Tak hanya finish pertama, Ai juga memecahkan rekor tilik canndi pada tahun lalu yang dipegang oleh Chadra Dewi dengann 1 jam 49 menit.

Alhasil selai membawa pulag hasil podium, Ai juga berhak membawa pulang bonus pemecah rekor dari komite borobudur yag nilainya mencapai 27 juta Rupiah.

Satu hal yang menjadi ciri khas Borobudur Marathon di setiap edisi adalah keterlibatan warga sekitar di sepanjang lintasan. Mereka aktif menyambut dan memberikan dukungan kepada pelari.

Di sepanjang jalan lintasan yang dilalui oleh para peserta Tilik Candi banyak warga dari berbagai kalangan meneriakkan kata-kata penyemangat. Tak hanya meneriakkan kata-kata penyemangat, warga juga menampilkan atraksi mulai dari menyanyi, memainkan alat musik, hingga menari. Penampilan dari warga sekitar itulah yang membuat Borobudur Marathon 2022 menjadi lebih semarak.

"Untuk Borobudur Marathon ini, kami menyiapkan pertunjukan berupa orkestra kolintang dengan perpaduan gerak dan seni, ada beberapa lagu daerah dan nasional yang dibawakan. Penampilanya 120 siswa yang di seleksi dari kelas 7 dan 8". Cerita wakil Kepala Sekolah SMPN1 Kota Mungkid yang membawa anak didiknya untuk menampilkan pertunjukan kolintang.

Borobudur Marathon 2022 memang bukan hanya sekedar lomba lari seperti pada umumnya, dalam rangkaian acara Borobudur Marathon 2022 ada banyak misi mulia, termasuk tekad untuk membangkitkan wisata olahraga atau sport tourism.

Keberadaan UMKM bazar kuliner dan kriya khas Magelang dari kelompok pawone di race village adalah contoh nyata bahwa Borobudur Marathon memberikan dampak positif bagi banyak pihak.

Beragam produk kuliner dan kriya tersebut tampak sangat diminati para peserta lari Tilik Candi Borobudur Marathon 2022.

"Kami berharap dengan ikut pawone ini kami bisa lebih dikenal, apalagi sekarang olahan pangan lokal sedang digencarkan". Kata penggagas Rumah Singkong Borobudur, Rini Wijayanti.

Tilik Candi Borobudur Marathon 2022 semakin sempurna dengan penampilan penyanyi legendaris Iwan Fals di penghujung acara.

Penampilan Panggung Musisi Legendaris Iwan fals Bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Di Borobudur Marathon 2022

Pada kesempatan ini Iwan Fals secara simbolis juga menerima bibit pohon damar dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Itu merupakan simbol menyebarkan semangat bagi Indonesia untuk bangkit bertumbuh lebih sehat dan kuat sesuai dengan tagline Borobudur Marathon 2022 yakni "Stronger to victory".

Kesuksesan rangkaian acara puncak Borobudur Marathon 2022 dari elite race, young talent, hingga Tilik Candi tak lepas dari kerja keras banyak pihak yang mengusung semangat dan kebersamaan demi membangun Indonesia yang kuat dan sehat.

 Penulis : Zk TR
 Editor   : Hda TR 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion