Sosok Kartiko Nur Rakhmanto Aktivis Patriot Nusantara dan Advokasi Hukum


Kebumen,  Trankonmasi.com --Mengenal lebih jauh Kartiko Nur Rakhmanto, sosok pemuda yang bisa menjadi tauladan buat anak - anak muda , seorang pemuda yang menjadi salah satu  pelopor aktivis PN (Patriot Nusantara ) guna membangun dan membantu masyarakat Kebumen dibidang sosial kemasarakatan serta advokasi hukum. 

Kartiko Nur Rakhmanto yang biasa akrab dipanggil Kartiko, warga desa Kutosari RT 01 RW 01 kecamatan Kebumen kabupaten Kebumen , Jawa Tengah.

Merupakan putra pasangan dari almarhum ( Purn Pegawai Catatan Sipil ) Muhammad Dwijo Sumitro Alm (87 tahun) dan Raden Roro Parmi (84 tahun ).Baru saja selesai di lantik dan di ambil sumpahnya Di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah sebagai Pengacara  saat di temui awak media , Senin 15 Maret 2023.

"Alhamdulillah , puji syukur pada Allah SWT  atas nikmatNYA , hingga saya dapat menyelesaikan Pendidikan Peofesi Advokat saya dan tentunya ini peran penting doa dari orang - orang yang menyayangi saya , terutama doa ibu saya."imbuh Kartiko saat di konfirmasi jerat hukum. 

Jenjang pendidikan yang di tempuh oleh Kartiko , SDN 5 di Kutosari lulus tahun 1993 , SMPN 5 Kebumen  lulus pada tahun 1996 , SMAN Pejagoan pada tahun 2001 Akademik Telekomunikasi di Jogjakarta pada tahun 2005 jurusan Telekomunikasi  dan Universitas  17 Agustus 1945 pada tahun 2016 jurusan Ilmu Hukum.

Kartiko yang juga tergabung di Radio Antar Penduduk Indonesia RAPI Wilayah 26 Kabupaten Kebumen sebagai  Wakil Ketua III RAPI ( Radio Antar Penduduk Indonesia ) Wilayah 26 kabupaten Kebumen 17 Pebruari 2019 - 2023 Bidang Hukum, Inovasi Organisasi, Penelitian dan Pengembangan menyelesaikan study profesi sebagai Advokat. Di angkat dan di lantik IPHI 1987 tepatnya di Semarang  , Minggu 14 Maret 2023. Selain itu dia juga menjabat Sekretatis DPC IPHI (Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Penasihat Hukum Indonesia) Kabupaten Kebumen 2017 - Sekarang

Di tempat yang sama , Kartiko juga menjelaskan bahwa dia tidak hanya  bergelut dalam hukum saja. Juga terjun sebagai salah satu pendiri terbentuknya Patriot Nusantara  biasa di sebut PN. 



Hal yang sama juga dibenarkan oleh ibu  kandungnya, kalau putra bungsunya itu selalu aktif dalam kegiatan sosial sebagai aktivis. Dan sebagai seorang pengacara Kartiko membantu masyarakat  kurang mampu yang membutuhkan perlindungan hukum yaitu keadilan

Linda yang merupakan  masyarakat  Kebumen menurutnya adanya seorang pengacara dalam struktur  Ormas PN sangat berperan penting.

"Semoga generasi yang ada di wilayah Kebumen mengikuti jejak Kartiko , manfaatkan usia muda untuk hal yang positif. "Jelas Linda.


Fit JH

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion