Pendekatan Sains modern Teori Relativitas dengan Ruang-Waktu

Albert Einstein - www.lpktrankonmasi.id

lpktrankonmasi.id, Magelang ,- Sains merupakan ilmu pengetahuan yang berbeda dari yang lain sehingga sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai alam semesta beserta isinya, serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya yang dikembangkan oleh para ahli melalui serangkaian proses ilmiah yang dilakukan secara teliti dan hati-hati.

Teori sains modern yakni tentang relativitas dikemukakan oleh Albert Einstein dan juga konsep ruang dan waktu yang di kemukakan oleh Issac Newton yang kebenaran ilmunya sudah disepakati oleh banyak orang bahkan dikalangan ilmuwan itu sendiri.

Konsep dasar tentang relativitas waktu yang dikemukakan Albert Einstein yaitu membahas tentang kecepatan dan percepatan kemudian disusun oleh Albert Einstein menjadi dua jenis yaitu relativitas umum dan khusus. 

Konsep ruang dan waktu yang dikemukakan oleh Issac Newton yaitu membahas tentang mengkombinasikan ruang dan waktu menjadi satu kontinutas(rangkaian). Ruang-waktu biasanya digambarkan 3dimensi dan waktu memainkan peran dimensi keempat yang merupakan bagian dari dimensi spasial(tempat/ruang). 

Dengan prespektif Ruang Euklides alam semesta memiliki 3dimensi ruang dan ditambah dengan waktu, sehingga disetiap ruang euklides memiliki waktu yang menyebabkan keduanya saling berkaitan dan disetiap ruang memiliki keterkaitanya dengan waktu. 

Kita bisa menyimpulkan bahwa kecepatan waktu itu relatif tergantung dari sisi mana kita melihat. konsep sains menjelaskan yaitu benda yang bergerak itu relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan ruang dan waktu yang berbeda untuk kejadian yang sama, tetapi isi hukum fisika membuatnya terlihat sama yaitu waktu bisa terlihat lebih cepat atau lambat.

Dalam mekanika klasik non-relativistik, penggunaan ruang Euclidean akan lebih tepat dibandingkan penggunaan ruang-waktu, karena waktu diperlakukan sebagai satu faktor yang unversal dan konstan, independen terhadap pergerakan dan pengamat. Dalam konteks teori relativitas, waktu tidak bisa dipisahkan dari ruang tiga dimensi karena kelajuan suatu objek dan pengamat yang relatif dan dapat dipengaruhi oleh medan gravitasi yang mampu memperlambat waktu.

Dalam konsep relativitas setiap gerak adalah relatif, tidak ada kerangka atau acuan khusus atau absolut yang tetap. Konsep ruang dan waktu adalah dua elemen fundamental dalam pemahaman tentang struktur dan dimensi alam semesta. Ruang merupakan kerangka dimana objek berada, Waktu adalah dimensi dimana kerangka kerja peristiwa terjadi dan urutan peristiwa terjadi. 

Konsep ruang dan waktu adalah bagian integral dari pemahaman kita tentang alam semesta dan telah mengalami transformasi signifikan berkat kontribusi-kontribusi dalam fisika teoretis. Teori Relativitas memberikan pandangan baru tentang hubungan antara ruang dan waktu, mengubah cara kita memahami dimensi dan struktur alam semesta.

Penulis : Hilman Dani Aufar
Editor   : Hilman Trankonmasi

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion