Dirpolairud Polda Maluku, Pos Saumlaki Evakuasi korban Tenggelam

Foto Saily Tr , www.lpktrankonmasi.id


lpktrankonmasi.id, Maluku ,- Sabtu 10 Februari 2024 pukul 02.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), kapal MT. KOAN memulai perjalanan dari Sungai Digul, Merauke, dengan tujuan akhir di pelabuhan Surabaya. Kapal tersebut diperkirakan akan mengangkut berbagai jenis muatan, termasuk barang dagangan dan kargo lainnya, yang akan didistribusikan ke berbagai pelabuhan di sepanjang rute perjalanan ke Surabaya.

Keberangkatan kapal MT. KOAN ini menandai langkah penting dalam aktivitas pelayaran dan perdagangan maritim di wilayah tersebut. Para kru kapal telah dipersiapkan dengan baik dan dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang sesuai untuk memastikan perjalanan mereka aman dan lancar.

 Sebagai salah satu kapal pengangkut barang yang penting dalam jaringan perdagangan laut, keberangkatan MT. KOAN diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi regional dan nasional, serta memperkuat konektivitas antarwilayah di Indonesia. 

Kami akan terus mengikuti perkembangan perjalanan kapal MT. KOAN ini dan memberikan informasi lebih lanjut seiring dengan berjalannya waktu. Demikianlah berita ini kami sampaikan. Semoga perjalanan kapal MT. KOAN berlangsung lancar dan aman sampai tujuan di Surabaya.

"Pada Tgl 14 Februari 2024 Pkl 06.00 Wit kapal mengalami miring kanan diperkirakan gelombang saat itu 4-5 m di perairan Arafura indikasi terjadi kebocoran dari ruang  kostater (BT) penuh air. ABK mencoba menguras air menggunakan pompa celup 4, Alkon 2 pompa balas 1 kiri 2 kanan namun tidak membuahkan hasil maksimal hingga pada Tanggal 15 Februari 2024 pkl 04 30 wit di perairan perbatasan Indonesia Australia kapal tenggelam,

"Sehingga instruksi dari nahkoda bahwa untuk semua para ABK berkumpul di tempat evakuasi, seluruh ABK mengevakuasi diri menggunakan 2 buah life craft kapal kanan dan kiri , seluruh ABK terombang-ambing dari pukul 04.30wit hingga pkl 15.00 wit ABK berkomunikasi dengan kapal terdekat dengan HT(Handy Talk) dan berhasil berkomunikasi dengan kapal tangker AFNIA PELTER( Singapore) dan pada pukul 16.00 WIT semua ABK berhasil di evakuasi ke atas kapal tangker AFNIA PELTER dan langsung di bergegas.

Pada pkl 11.30wit Dan KP. XVI. 2006 Pos saumlaki mendapat informasi melalui via telepon seluler dari Dan Pos Basarnas Saumlaki bahwa ada laka laut yaitu kapal Tengker tenggelam di perairan Arafura Pada pkl 18.00wit team SAR gabungan tiba di TKP dan berhasil mengevakuasi korban dari kapal tangker AFNIA PELTER dan ke KP. XVI. -2006 selanjutnya kembali ke Saumlaki Pada pukul 22.15waktu Indonesia timur team SAR gabungan tiba di pelabuhan Saumlaki dan korban di bawah ke RSUD Magreti Saumlaki untuk menanganan medis,Cuaca Mendung berawan

Angin : Barat - barat laut, 4-15 knots. 

Tinggi gelombang : 1,25 - 3 M.


Nama korban:

1. Sony Mubarok (31) oiler

2. Rusman (27) juru mudi

3. Jumu jahi (27) juru mudi

4. Kiki weldi (37) tukang las

5. Toni Ricardo ( 24) oiler

6. Erid suhendra (35) capten

7. Hendro Febrianto ( 34) mandor mesin

8. Rahmadi ( 28) Mualim III

9. Wahyu Dwi jadtmiko ( 49) KKM

10. Ayu Airin laihan ( 24) Koki

11. Rohmat Saiful Anwar ( 32) Mualim I

12. Ari Satrio priantoro ( 35) botswain 

13. Mahesa Ari Sandi ( 25) masinis II

14. Pilar jaman tegar R.A ( 26) masinis III

15. M.arofa ( 27) oiler

16. Heri Siswanto ( 39) Ebi

17. Dadan Abriansyah (30) second officer

18. Madi Maulana (20) kadet deck

Saily

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion