PLT Dinkes Tual, Himbau Masyarakat Waspadai Penyakit Demam Berdarah

 


Tual. - Trankonmasi.com

Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Kesehatan Kota Tual Ibu Darnawati Amir menghimbau masyarakat kota tual agar waspadai Demam Berdarah (DBD).


DBD di kota tual kini lagi meningkat. Di bulan februari ada 2 kasus, bulan Maret 15 kasus dan kini dibulan April ada 17 kasus.


"Kami sudah mengarahkan semua puskesmas untuk melakukan semua upaya penangan cepat dengan melakukan screening disemua masyarakat terutama balita yang sudah demam satu atau dua hari untuk dilakukan penanganan, pemberian pengobatan dan pemantauan secara terus menerus" ungkapnya.


Dijelaskan, Dinas Kesehatan juga sudah melakukan abatesasi, pemberian bubur Abate lavasida ul ke masyarakat untuk ditaruh di tempat penampungan air.


"Sekarang ini sampah sampah kita, air bekas mineral, plastik-plastik yang menampung air yang bisa menjadi penampungan nyamuk itu sudah banyak. Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat melakukan pembersihan didalam rumah maupun diluar rumah"pintanya.


Setelah lebaran, dinas kesehatan akan berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup untuk kalesangkampung sesuai dengan program gubernur Maluku. 


Adapun kalesangkampung ini dilaksanakan agar menurunkan angka penurunan kasus DBD. 


"Staf kami terutama bidang P2P sudah turun untuk melakukan upaya-upaya epidomologi, mulai dari dimana kasus itu ditemukan sampai dengan penanganan dan kita tetap, siagakan pihak rumah sakit "Tuturnya.


Untuk diketahui saat ini pihak rumah sakit sedang merawat beberapa pasien DBD. Untuk itu, masyarakat diharapkan melakukan pembersihan setiap hari, didalam rumah, diluar rumah dan juga dilingkungan kompleks sekitar.tutup.JS.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion