Horas !! SKW LSP Pers Indonesia, Babak Baru Menjadikan Wartawan Profesional

 


Foto : Sri Uni

 

Semarang - LpkTrankonmasi. Com  (3/10/2022)

Pembukaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan  yang diselenggarakan oleh LSP Pers Indonesia Perwakilan Jawa Tengah  dengan assessor berlisensi BNSP bertempat di Kusma Hotel  Bandungan tanggal 2 Oktober 2022 bejalan lancar.

 

Hal ini nampak dari antusiasme peserta SKW sekitar 23 assesi saat mengikuti proses assesment oleh  tenaga  Assosor  yang ditugaskan oleh LSP Pers Indonesia dan resmi dibuka oleh Ketua LSP Indonesia Hientje Gronson Mandagie yang berlangsung satu hari full time dan berakhir hingga  berakhir menjelang malam (02/10/ 22)

 

SKW dari LSP Pers Indonesia ini merupakan salah satu upaya dari Organisasi Pers dan Perusahaan Pers untuk  meningkatkan kompentensi wartawan dan peningkatan  Skill,  Knowledge dan peningkatan  komunikasi antar wartawan,  dan  steak holder yang berhubungan dengan kegiatan Jurnalistiik atau dikenal dengan , “Citizen journalism.” Sekaligus sebagai ajang sosialisasi   system Uji kompetensi  berdasarkan ,  “Job Assigment , “ .

 

Pengukuhan  (Assigment) dari LSP Pers lesensi BNSP  memiliki peranan yang cukup penting berhubungan langsung dengan tugas serta tanggung jawab yang akan dipikul oleh  seorang wartawan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Heintje Grontson Mandagie.


Foto : Sri Uni

 

“ SKW adalah pengakuan lembaga  yang mempunyai otoritas tentang sertifikasi Profesi (BNSP)  kepada wartawan untuk melakukan kegiatan peliputan atau sedang melakukan kegiatan jurnalistik sesuai Kode etik jurnalistik, “ tutur  Mandagi sapaan akrabnya

 

Dan setelah Putusan MK sudah tidak  ada lagi dekotomi tentang fungsi dan kedudukan dewan Pers sebab dewan pers adalah , “ Single  Bar , “ hanya persoalan peningkatan profesioanlitas  wartawan diserahkan kepada Lembaga yang mempunyai otoritas lesensi profesi di bidang Pers .

 

Hal senada juga diungkapkan oleh ketua DPD SPRI  jawa  tengah Sriyanto Ahmad  selaku tuan rumah    bahwa, “   assignment ,”  dibidang pers  ini diharapkan menjadikan wartawan yang profesional dan mandiri dan akhirnya dinyatakan  Kompeten sebagai seorang jurnalis.

(Sr - A)

 


Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion