Progam Unggulan Desa Tamanagung Pemanfaatan Lahan Tidur Guna Peningkatan Ketahanan Pangan



Magelang,  Trankonmasi.com - Memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian, kolam ikan dan kandang ternak, dalam program ketahanan pangan oleh kepala desa Imam Sampurna dijadikan program unggulan desa Taman Agung kecamatan Muntilan kabupaten Magelang.

Saat awak media berkunjung ke lahan pertanian, Sabtu 11 Maret 2023 nampak hamparan lahan pertanian yang sedang digarap oleh warga desa Taman Agung dan didampingi oleh kepala desa Imam Sampurna terlihat rapih dan menyenangkan.


Kepala desa Taman Agung Imam Sampurna menjelaskan bahwa lahan itu adalah tanah milik desa yang sudah lama tidak digarap dan hanya tumbuh semak belukar. Dalam rangka menggunakan alokasi dana desa untuk program ketahanan pangan pasca pandemi covid 19, Imam Sampoerna berpikir keras untuk membuat sebuah program unggulan di desanya dengan program pertanian, perikanan dan peternakan.

Lebih lanjut Imam Sampoerna menjelaskan lahan pertanian ini akan ditanam bibit cabe karena penanaman dan perawatannya tidak rumit dan masa panennya juga cepat. Pupuk yang akan digunakan adalah pupuk organik mengingat lahan itu diyakini belum terkontaminasi dengan pupuk kimia sehingga hasil panen cabe nantinya juga merupakan cabe organik sehingga diharapkan harga penjualannya pun lebih mudah dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Ditempat terpisah, masih dalam program yang sama, dalam program budidaya ikan dan peternakan kambing, Budi selaku pengelola kolam ikan dan kandang kambing menjelaskan bahwa, dalam melakukan kegiatannya masih terdapat kendala, diantaranya masih banyaknya angka kematian ikan. Namun sampai saat ini masih bisa teratasi dengan baik.

Dibidang peternakan Budi juga menjelaskan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan, dan masyarakat sekitar mulai senang terhadap ternak yang dikelolanya. Terbukti sudah ada beberapa masyarakat yang turut serta bergabung dalam kegiatan ternak kambing.


Selanjutnya kepala desa Taman Agung berharap, program yang dicanangkannya dapat menarik animo masyarakat dalam hal mengelola lahan tidur agar dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga, dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Sehingga program ketahanan pangan dapat berdayaguna bagi masyarakat, pungkasnya 

Purwo Santoso

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion