Idul Adha 2022, SMA Negeri 4 Semarang Kurban 2 Sapi Dan 6 Kambing




SEMARANG LPK TRANKONMASI.COM

Idul adha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam. Hari ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia, mengorbankan putranya Isma'il, sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. 

Tujuannya sebagai peringatan peristiwa, ketika Nabi Ibrahim Alaihisalam, bersedia  mengorbankan putranya, untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Qurban 1443 Hijriyah, atau tahun 2022, di hari tasyrik kedua, SMA Negeri 4 Semarang menggelar, pelaksanakan latihan kurban, bertempat di kampus sekolah, jalan karangrejo raya 12A, kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan. Banyumanik, Kota Semarang, selasa ( 12/7/2022).

Latihan kurban dimeriahkan, dengan lomba memasak gulai, yang diikuti sejumlah 22 kelas, yaitu11 kelas 11, dan 11 kelas 12, yang nantinya, hasil dari lomba memasak, untuk dinikmati oleh seluruh kelas.

Tahun 2022, SMA Negeri 4 Semarang menyembelih, 2 ekor sapi dan 6 ekor kambing, yang terdiri atas satu sapi yang didapat, dari iuran peserta didik, satu lagi dari 7 donatur anggota keluarga besar, SMA Negeri 4 Semarang.

Yang lebih menarik tahun ini, selain latihan kurban, pihak sekolah melalui osis SMA Negeri 4 Semarang juga mengadakan lomba memasak gulai, yang diikuti 22 kelas, baik kelas 11 maupun kelas 12.

Ketua Panitia Kurban SMAN 4 Semarang, Yatman,S.Pd menuturkan Algamdulillah kegiatan idul adha.tahun berjalan lancar yang di awali dengan takbir keliling dan hari ini dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dan lomba memasak semuanya berjalan dengan baik.dan lancar pula," ucapnya.

"Semua ini berkat dukungan dari panitia dan para siswa serta bapak ibu guru semuanya mendukung sehingga semuanya berjalan dengan baik, tertib dan lancar," pungkasnya.

Sementara Guru Agama.Islam SMAN 4 Semarang sekaligus panitia kurban, Salik Sabilallah,S.PdI menyampaikan latihan kurban dan kurban.idul adha 2022 terkumpul darimlatiham.iuran anak anak dapat kita belanjakan satu ekor sapi kemudian dari bapak.ibu guru serta alumni smapa yang.ikut.berpartisipasi.mengikutkan hewan kurban di SMA Negeri 4 Semarang," ujar Salik

Yang berbeda dan menarik bagi kita adalah untuk penangan mulai dari pembelian, pengelolaan daging kurban.ini dilaksanakan oleh para siswa SMA.Negeri 4 langsung dan bapak ibu guru hanya mendampingi dalam pelaksanaan mulai dari pembelian, pengelolaan dan pendistribusian daging kurban.

Ini tentunya hal berbeda dalam pelaksanaan latihan kurban pada tahun ini. Untuk latihan kurban dari para siswa satu sapi, dari.pengkurban satu sapi dan enam ekor kambing," tutupnya.

Pada kesempatan terpisah, Ketua ROHIS SMA Negeri 4 Semarang, Hirawaning Imam Keegan siswa kelas XII ipa3 mengungkapkan alhamdulillah kami dapat menyelenggarakan kegiatan.latihan kurban, yang sebelumnya sempat vakum karena adanya pandemi. Tahun ini setelah normal kembali pembelajaran," ujarnya.

"Ini semua sudah kami persiapkan jauh jauh hari. Tahun ini SMA Negeri 4 Semarang memotong hewan kurban dua ekor sapi, satu sapi dari iuran para siswa yang satu lagi dari pengurban serta enam ekor kambing berasal dari siswa serta bapak atau ibu guru," papar Imam.

Terkait lomba memasak sudah lama kita adakan kalau ada acara Idul Kurban, untuk lomba memasak kita alokasikan dari iuran para siswa.Setiap 3 kg daging kita bagikan setiap  kelasnya dan pesertanya ada 22 kelas dan hasilnya memasak untuk dinikamati seluruh siswa, jadi dalam hal ini kami mengedepankan kebersamaan," pungkasnya.

    &Taufiq






Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion