Posyandu Balita Desa Trapang Sampang: Bukti Nyata Cegah Stunting


Posyandu Balita Desa Trapang Sampang: Bukti Nyata Cegah Stunting - www.lpktrankonmasi.id


lpktrankonmasi.id, sampang - Dalam mencegah stunting ialah gangguan pertumbuhan terhadap anak, Posyandu Desa Trapang rutin melaksanakan pemeriksaan setiap bulan. 

Kegiatan Posyandu Pemerintah Desa Trapang tersebut berlangsung di kediaman Kepala Dusun Sarongga, Desa Trapang, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Senin (07/05/2024)

Tuty Indah, Bidan Desa Trapang saat ditemui media ini mengatakan, bahwa kegiatan Posyandu di Desa Trapang adalah bukti mencegah stunting. 

"Posyandu Desa Trapang ini adalah bukti nyata mencegah stunting, karena setiap bulannya rutin memeriksa balita. Seperti, penimbangan badan serta pengukuran badan kepada bayi. Tujuannya untuk mendeteksi dan mencegah stunting," kata Tuty. 

Selain penimbangan badan dan pengukuran berat badan. Posyandu Desa Trapang juga memberikan imunisasi rutin. 

"Setiap bulan memberikan imunisasi rutin dan imunisasi tambahan kepada bayi yang ber-umur di bawah dua tahun. Tujuannya, untuk meningkatkan antibodi agar tidak gampang terserang penyakit," tutur Tuty. 

Tuty juga menjelaskan bahwa selain memeriksa bayi. Ia juga memeriksa ibu hamil. 

"Kami Posyandu Trapang juga memeriksa ibu hamil. Tujuannya agar sehat dan mencegah kematian pada ibu dan bayi dalam rahim," tegasnya. 

Perlu diketahui Bidan Tuty selaku Posyandu Pemerintah Desa Trapang juga dibantu oleh lima kader. Ialah empat kader Posyandu dan satu kader BKB. Setiap bulannya menyasar sekitar 49 bayi asli Desa Trapang. 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion