Perbedaan antara Kerja Keras & Kerja Cerdas, Kalian yang mana?

Work Hard / Work Smart - www.lpktrankonmasi.com


Lpktrankonmasi.com - (2022/07/28) Menurut pengalaman pribadi yang saya lalui selama ini memang kerja keras dan kerja cerdas sangatlah berbeda. Namun bagi orang yang belum mengalami atau tidak memiliki pengalaman, belum bisa membedakan kedua hal tersebut. Awalnya yang ada dipikiran mereka ialah bagaimana bisa bekerja keras supaya terlihat bagus ketika dinilai oleh seorang atasan/pimpinan. Dengan begitu mereka akan mudah untuk naik jabatan atau hanya menaikkan gajinya. 


Berbeda dengan orang yang sudah berpengalaman, sebagai contoh saja saya sendiri. Saya juga dulu saat bekerja berpikir seperti itu, tetapi akhirnya saya menyadari bahwa hal itu bukanlah hal yang benar untuk di terapkan di dunia kerja. "Seharusnya kita bekerja itu harus cerdas bukan bekerja keras, baik itu kerja ikut orang atau membuka usaha sendiri". Kerja keras boleh-boleh saja asalkan tidak sampai melampaui batas. Harus disesuaikan dengan kekuatan diri kita masing-masing. Jangan sampai karena terlalu bersemangat akhirnya membuat kita jatuh sakit dan tidak bisa bekerja lagi. 


Jadi kesimpulan dari perbedaan antara kerja keras dan kerja cerdas itu hanyalah tentang bagaimana kita menjalaninya bukan apa jenis pekerjaannya. Apapun pekerjaannya bisa kita kerjakan dengan cepat dan mudah jika kita sudah mengerti apa sebenarnya yang dituju oleh sebuah perusahaan dan mengerti apa yang diinginkan oleh pimpinan dari perusahaan itu sendiri. Dengan begitu seberat-beratnya pekerjaan tidak akan membebani para karyawannya. Kuncinya hanya ada pada tujuan, visi dan misi yang ada di dalam sebuah perusahaan, setelah itu kita pelajari dengan benar baru kemudian kita lakukan pekerjaannya.


Saya akui memang tidak ada pekerjaan yang enak di dunia ini, mustahil untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Semua bergantung pada kemampuan kita masing-masing terkadang berat bagi kita tetapi bagi orang lain pekerjaan itu sangatlah mudah. Sekarang kita balik logika itu dengan kata "jika orang lain bisa kenapa kita tidak bisa", tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asalkan kita mau berusaha pasti bisa dan bisa itu karena terbiasa.


Kebanyakan orang hanya tidak mau/malas melakukan suatu pekerjaan. Sebenarnya bukan karena tidak bisa, percayalah!! semua bisa dilakukan asalkan kita mau mencoba dan mempelajari. Manusia di dunia ini sudah ada porsinya masing-masing tinggal kita sendiri yang memutuskan bagaimana menjalaninya. 


Itusaja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk menjadi referensi terutama bagi anak-anak muda yang baru lulus dan mencari pekerjaan. Semua ini hanya berasal dari pengalaman saya selama berkecimpung di dunia kerja.Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. 

Ditulis oleh BAbY_U.S

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion