WISATA ALAM YANG MASIH ASRI DI KABUPATEN MAGELANG KECAMATAN MUNTILAN


Taman seribu cinta tampak atas - www.lpktrankomasi.com


Lpktrankonmasi.com - Rabu ,(21/9/22)Kali ini kita akan mengulas tentang sebuah tempat atau destinasi wisata di kota muntilan yang di kenal dengan nama taman seribu cinta kali blongkeng 
tempat yang eksotis dengan latar belakang pemandangan alam nya yang masih terbilang asri.

Memanfaatkan lokasi yang berada di pinggir sungai dan sempat terbengkalai, bahkan dahulu sempat menjadi tempat yang terbilang kumuh, banyak di temukan berbagai jenis sampah organik maupun non organik, dari berbagai sampah plastik hingga beberapa pecahan kaca.

Namun seiring berjalannya waktu penduduk setempat yang berinisiatif untuk merawat dan mengubah tempat tersebut, dengan di latar belakangi oleh kasi pertamanan dinas lingkungan hidup kabupaten magelang. berhasil merenovasi tempat tersebut menjadi tempat yang indah hingga menuai banyak pujian dan manfaat bagi warga dan lingkungan sekitar.

Lokasi taman seribu cinta kali blongkeng sendiri berada di daerah perbatasan antara kecamatan salam dan kecamatan muntilan, tepatnya di bawah jembatan yang menghubungkan jalan utama jogja-semarang..

Tentunya lokasi taman seribu cinta pun mudah untuk di kunjung bagi pengunjung dari arah jogja jika melintasi jembatan tersebut akan melihat tulisan "WELCOME TO MUNTILAN" tulisan tersebut berada tepat di tanggul jembatan sisi bagian barat taman.

Adapun untuk pemberian nama sendiri mengapa bisa di sebut taman seribu cinta ditujukan sebagai bentuk motivasi untuk pengunjung dan juga penduduk sekitar agar lebih menjaga dan merawat alam yang asri, dari sungai, tumbuhan di sekitar sungai, hingga air yang mengalir di sepanjang sungai.

Untuk retribusi pengunjung pun terbilang sangat bersahabat dan tidak begitu menguras dompet, cukup dengan membayar tarif parkir seharga RP 3000 untuk sepeda motor, dan RP 5000 bagi pengunjung yang mengendarai kendaraan roda empat, sedangkan untuk hanya berkunjung ke taman tidak ada tarif masuk atau bisa dibilang free.

Dengan suguhan pemandangan dan juga berbagai tanaman bunga yang tertanam pun pengunjung melihatnya terasa sangat relax sembari menikmati suasana yang sejuk di kota muntilan dan juga pesisir sungai blongkeng, sungai blongkeng sendiri berair sangat jernih karena airnya bercampur dengan pasir dan juga bebatuan dari gunung merapi. selain dengan kejernihan airnya di kali blongkeng juga di hiasi dengan ikan tombro, bisa dibilang juga ikan mas namun berbeda dengan ikan hias nama keren dalam ilmu biologi disebut cyprinus carpio.

Pengunjung juga bisa berjalan menyusuri pinggiran sungai dengan melewati jembatan bambu yang telah di sediakan oleh pengelola taman, sembari berfoto ataupun selfi dengan latar belakang jembatan dan air sungai yang tampak sangat jernih 

Taman seribu cinta memeiliki konsep foto yang instagramable tentu sangat menarik bukan untuk dikunjungi , ada berbagai spot foto dari tanaman bunga krokot yang berbentuk hati berbagai dengan varian warna ungu, putih, kuning, merah.
juga ada spot selfie yang instagramable sebuah kata love yang di susun dengan rapi, selain itu juga ada bangunan berbentuk rumah-rumahan pohon. 

Beberapa ulasan dari pengunjung pun terlihat sangat senang dan berantusias setelah mengunjungi
taman seribu cinta. salah satu pengunjung berasal dari wonosobo warga dusun sapuran mbak mamik pujiono mengaku beberapa waktu melewati jembatan blongkeng, namun baru kali ini menyempatkan untuk mampir dan bersantai dan berfoto-foto.

"sangat bagus dan tertata pengelolaan tamannya, terbilang kreatif juga , dan berdampak positif buat pembudidayaan masyarakat dan juga alam, jarang sekali sungai terawat seperti ini, bahkan masuk anya pun gratis, air sungai juga jernih banget" ujar mbak mamik pujiono.

Di dukung dengan kemajuan teknologi dan juga zaman milenial sekarang, tentunya banyak kalangan muda mudi yang mungkin hobi fotografi sangat di rekomendasikan untuk mengunjungi taman seribu cinta ini, di dukung konsep alam nya dan juga nggak ketinggalan jaman untuk memperhias feed instagram kalangan muda mudi.

 Penulis : Zaka
 Editor   : Hda TR 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion