Program Light Up The Dream Pemasangan Instalasi Listrik Baru Gratis di Kabupaten dan Kota Magelang


PLN Pasang Instalasi Pemasangan Listrik Baru Gratis Dalam Program Light Up The Dream Di Kabupaten Magelang. www.lpktrankonmasi.com


Lpktrankonmasi.com - (Senin 7/11/22)  Merayakan hari listrik nasional yang ke-77, PT PLN (Persero) unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) mengadakan bantuan berupa pemasangan instalasi listrik baru tanpa di pungut biaya alias gratis, yang di lakukan pada hari Jumat (28/10)

Bantuan yang di berikan kepada masyarakat yang tidak mampu, berdasarkan data BDT (Basis Data Terpadu) dengan jumlah sebanyak 25 pemasangan. Mereka tersebar di wilayah kerja PLN UP3 Magelang, yaitu kabupaten, dan kota magelang, temanggung, serta purworejo.

Pemasangan instalasi listrik yang di berikan yaitu dengan daya 450 VAtarif rumah tangga, dengan total nilai sebesar 22.900.000.

"Program ini bertajuk Light Up The Dream dimana kami (PLN) berharap dengan bantuan pemasangan instalasi listrik baru secara gratis ini, penerima bantuan bisa terbantu untuk mencapai mimpinya, semisal saja dalam hal membantu perekonomiannya. Bisa berpeluang untuk membuka usaha baru" Tutur Yunarsih selaku manager UP3 Magelang.

Ligth Up The Dream sendiri merupakan program bantuan dari PT PLN (persero)  yang dilakukan serentak yang dananya bersumber dari dana sumbangan pegawai PLN UP3 Magelang dan dana YBM (Yayasan Baitul Maal) PLN UP3 Magelang, yang diadakan dalam rangka HLN-77.

 Yunarsih juga berharap semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi penerimanya dan bisa turut membantu memajukan perekonomian di daerahnya.

Dari beberapa penyebab diadakannya bantuan tersebut di karenakan lokasi yang sangat terpencil (remote area) sehingga belum terjangkau jaringan listrik, atau kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan warga untuk memasang instalasi listrik dan membayar abonemen setiap bulannya.

Program pemasangan listrik secara gratis ini juga diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Bapak Boedi Hardjono, beliau juga mengatakan di era modern saat ini listrik merupakan sarana vital yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurutnya bantuan instalasi pemasangan listrik secara gratis tersebut sangat membantu masyarakat yanng belum memiliki akses listrik.

"Kami juga telah menginstruksikan kepada para camat, untuk mendata berapa jumlah warganya yang belum menerima aliran listrik di daerahnya, sehingga pemetaannya menjadi jelas. Untuk selanjutnya kita akan upayakan bersama". Lanjutnya

Manajer UP3 Magelang, Yunarsih juga menjelaskan rasio elektrifikasi di Kabupaten Magelang sekitar 98 persen.

Saat ini pihaknya berencana akan memasang instalasi listrik di 58 rumah. Dan proses pemasangannya telah di selesaikan sebanyak 46 rumah, sisanya terus diupayakan setiap harinya.

"Untuk para penerima bantuan instalasi pemasangan listrik gratis ini, masing-masing akan mendapatkan aliran listrik dengan daya 450 VA. Dan proses itu masuk dalam DTKS yang ada di Kementrian Sosial, yang proses pengusulannya bisa melalui desa/ kelurahan setempat, para petugas kami di lapangan maupun hasil usulan dari ESDM". Ungkapnya (*)



 

 Penulis : Zk TR
 Editor   : Hda TR 

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion